Rabu, 28 September 2011

Kegiatan akbar P2M telah usai

Kegiatan akbar P2M telah usai. Tepatnya pada hari Jum’at sampai Minggu tanggal 23-25 september 2011 kemari kegiatan P2M ( Pengabdian Kepada Masyarakat ) telah terlaksana. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dirintis oleh Departemen Sosial dan Bisnis MAHAPROPESI 2011. Keberjalan an kegiatan ini diawali dengan pemberangkatan yang dilepas langsung oleh Presiden BEM REMA UPI-Ali Mahfudz di depan PKM. Kita sampai kesana sekitar magrib dan langsung melakukan upacara pembukaan yang disambut langsung oleh kepala Desa Bapak Basyit Abdul Qodir. Setelah pembukaan usai peserta P2M digiring ketempat penginapan, tempatnya di Rumah Pak Uus salaha satu pejabat Desa Cigedug disana. Disanalah kesibukan masing-masing divisi dimulai, divisi acara dengan kesibukannya menyiapkan semua rangkaian acara disana, peralatan menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan semua divisi disana, konsumsi menyiapkan asupan tenaga disana serta kesibukan lainnya yang menambah keramaian suasana Cigedug.
Secara total jumlah peserta yang hadir pada kegiatan P2M tersebut kurang lebih 49 orang. Jumlah ini termasuk panitia sebelumnya, SC, peserta yang memiliki misi menjadi satu ketika melakukan kerja dilapangan. Kalau disimpulkan secara keseluruhan dari rangkain kegiatan disana sangat menarik bahkan meninggalkan kesan dalam bagi semua yang datang pada kegiatan tersebut. Kegiatan pertama pada paginya yaitu berupa pengajaran kepada SD Negeri Cigedug 1,2, dan 3; disana semua yang terlibat pada job ngajar disebar untuk melakukan pengajaran pada siswa/i disana . Kegiatan lainnya yang diberi tugas  penyuluhan PHBS, menyiapkan diri di Aula Desa pembicara dari mahasiswa pada kegiatan tersebut yaitu saudari Lindawati dan dihadiri juga pembicara dari petugas dinas Puskesmas setempat. Peserta pada kegiatan PHBS tersebut merupaka kader yang diutus dari desa Cigedug tersebut. Dan kejutan yang tidak dikira sebelumnya, berupa acara yang telah terjadwal dilakukan siang hari ternyata ada paksaan dari peserta penyuluhan untuk diadakan segera yaitu kegiatan Bazar baju murah. Kegiatan baju murah sangat meriah sekali, baju-baju layak pakai yang disumpangkan para donator dikampus terkumpul sangat banyak. Disana baju-baju layak pakai tersebut tidak dijual secara gratis tapi kita menjualnya dengan harga yang relative murah sekitar Rp 1000 sampai Rp 5000 murah banget kan, tidak ada baju diamanapun dengan harga tersebut. Disana warga menyerbu tumpukan baju dengan sekejap baju tinggal sedikit lagi, dan kegiatan bazar ini dilakuakn pada siang hari, sore hari dan pagi hari minggu. Kegiatan siangnya panitia menyaipkan penyuluhan Koperasi kepada perwakilan warga atau undangan yang telah disebar oleh desa sebelumnya. Kegiatan penyuluhan Koperasi ini di presentasikan oleh perwakilan mahasiswa yang pada saat itu oleh Saudara Ades Suyitno dan dari Dinas KUKM Kab Garut. Dalam waktu bersamaan juga kita pengadakan pelatihan komputer di Mts.Attaqwa. Kegiatan malam harinya panitia mempulikasikan pada semua warga untuk mengadakan nonton film bagi semua warga di Aula Desa tapi karena ada gangguan tekhnis berupa aliran listrik kegiatan inipun tidak jadi dilaksanakan.
Kegiatan P2M pun belum usai pagi hari minggunya kegiatan yang sangat meriah dilakukan bagi semua anak-anak disana yaitu kegiatan Lomba Gembira. Rangkaian kegiatan ini mirip dengan kegiatan tujuh belasan karena susunan kegiatannya ada lomba makan kerupuk, balap kelereng,mewarnai bagi siswa PAUD. Peserta lombanya selalu penuh karena anak-anak sangat antusias untuk ikut perlomaan. Ada hal terlewatkan dari hasil penjualan pakaian layak pakai tersebut. Hasil dari penjualannya kita belikan kembali untuk pembagian sembako bagi jompo dan miskin disana.
Mungkin inilah secercah kisah dan perjuangan para orang-orang yang peduli pada pengabdian, orang-orang yang memiliki jiwa social yang tidak hanya memikirkan ilmu dibangku kuliah saja. Bagi temen-temenku seperjuangan di P2M kemarin, kami ucapakan terimakasih. Tanpa partisifasi temen-temen mungkin kegiatan ini tidak akan berjalan dengan lancar serta meriah. Tetep semangat teman-teman karena perjuangan kita tidak hanya di kegiatan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

APA KOMENTAR ANDA